copyright astd.io © 2015. Diberdayakan oleh Blogger.

AngularJS Basic - Apa itu Directive?

Directive adalah fungsi yang dijalankan/dieksekusi oleh AngularJS ketika AngularJS menemukan Directive di DOM(Document Object Model), fungsi tersebut hampir dapat melakukan segala hal seperti menghide element sebelum halaman selesai diload, melakukan pengulangan, mengeksekusi sebuah expressi, dll. oleh karena itu saya pikir terlalu sulit untuk menjelaskan apa directive itu sebenarnya.

Jenis-jenis Directive:

  1. Built-in Directive
  2. Custom Directive
Built-in Directive adalah directive yang sudah tersedia atau dalam kata lain sepaket dengan AngularJS yang kita bisa gunakan untuk membuat applikasi kita contoh:
  • ng-bind
  • ng-repeat
  • ng-cloak
  • ng-hide
  • ng-show
  • dll

Custom Directive adalah directive yang kita buat sendiri.

Kekurangan menggunakan Directive:
ketika menggunakan directive sebagai contoh:
<p ng-app="myApp">....</p>
ketika di validasi sebagi HTML5 yang valid maka hal ini akan berdampak buruk karena tag yang disertai directive bukanlah HTML5 yang valid, tapi tenang untuk menangani masalah ini code diatas bisa diubah menjadi seperti dibawah ini
<p data:ng-app="myApp">....</p>
atau
<p data-ng-app="myApp">....</p>
ketika ditambah 'data-' maka code tersebut akan menjadi HTML5 yang valid. kenapa ditambah 'data-' karena jika kalian lihat di dokumentasi HTML5 'data-*' adalah attribute yang valid.

nah mungkin segitu dulu yah pertemuan kita anggap saja ini hanya perkenalan karena nanti saya akan bahas lebih dalam mengenai apa itu directive sebenarnya dan nanti kita akan membuat sebuah applikasi dengan menggunakan AngularJS, ok mungkin hanya sampai disini saja terima kasih telah berkunjung ke blog saya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar